Ziarah Ke Makam Pahlawan Kemerdekaan

0
9

Aceh Selatan, restorasihukum.com – Nikmat kemerdekaan yang dirasakan bangsa Indonesia saat ini perlu disyukuri dalam bentuk menghargai jasa pahlawan yang telah memperjuangkan kemerdekaan itu dari bangsa penjajah, hal ini disampaikan Wakil bupati Aceh Selatan Tgk Amran yang didampingi Dandim 0107 Aceh Selatan Letkol Inf R. Sulistiya Herlambang HB, Kapolres Aceh Selatan AKBP Dedy Sadsono, saat melakukan ziarah ke makam pahlawan perjuangan kemerdekaan Teuku Cut Ali di desa Suak Bakong kecamatan Kluet Selatan, Kamis (15/8/2019).

Wabup mengatakan ziarah ke makam pahlawan ini sebagai bentuk syukur dan penghormatan atas jasa-jasa para pejuang yang telah dengan gigih memperjuangkan kemerdekaan dari rongrongan bangsa penjajah.

“Ini sebagai bentuk penghormatan kita anak bangsa kepada jasa pahlawan dan leluhur kita yang sudah memperjuangkan kemerdekaan, sehingga kita dapat menikmati kemerdekaan ini,” ucapnya pada Awak Media di lokasi makam Teuku Cut Ali.

Tabur bunga dilakukan Wabup beserta Dandim 0107 dan Kapolres Aceh Selatan di makam Teuku Cut Ali

Wabup berharap agar cita-cita pahlawan dan pejuang tersebut dapat di implementasikan dalam membangun Indonesia ke depan yang lebih maju dan berkualitas khususnya kabupaten Aceh Selatan.

“Semoga apa yang sudah diperjuangkan oleh para pahlawan dapat terus kita jaga dan kita tingkatkan dalam bentuk membangun negeri yang berkualitas, berdaulat dan berkemajuan, jasa para pahlawan ini perlu kita tanamkan kepada generasi, agar mereka tau bagaimana gigihnya pejuang melawan penjajah untuk mencapai kemerdekaan,” ucapnya.

Sebelumnya, Wakil Bupati Aceh Selatan didampingi Setda Aceh Selatan, Kapolres Aceh Selatan, Dandim 0107 Aceh Selatan, ketua DPRK Aceh Selatan, Kejari, perwakilan batalyon Infanteri Raider 115 Macan Leuser dan pejabat teras masing-masing instansi mengunjungi makam pahlawan perjuangan kemerdekaan Teuku Raja Angkasah di gampong Buket Gadeng kecamatan Kota Bahagia kabupaten Aceh Selatan.

Kedatangan rombongan ini disambut oleh Muspika dari kecamatan Kota Bahagia, Bakongan dan Bakotim, grup marching band SD Buket Gadeng dan Paskibra SMA kecamatan Kota Bahagia.

Tibanya di makam Teuku Raja Angkasah acara upacara penghormatan dan peletakan karangan bunga di makam pahlawan langsung dilaksanakan, dalam upacara itu bertindak sebagai inspektur upacara Dandim 0107 Aceh Selatan.

Usai upacara kegiatan dilanjutkan dengan tabur bunga oleh Wakil bupati, kapolres, Dandim, Kejari serta ketua DPRK Aceh Selatan.

Selanjutnya rombongan dibagi menjadi dua tim, satu tim yang dipimpin sekda Aceh Selatan Nasjuddin melakukan ziarah di makam Raja Lelo di gampong Durian Kawan kecamatan Kluet Timur dan tim lainnya dipimpin Wabup Tgk. Amran bergerak menuju makam Teuku Cut Ali di gampong Suak Bakong kecamatan Kluet Selatan.

Hadir juga dalam acara tersebut pejabat eselon tiga kabupaten Aceh Selatan, muspika kecamatan Kota Bahagia, Bakongan Timur, Bakongan, Kluet Tengah, Kluet Utara, Kluet Selatan, Pasie Raja, Kluet timur dan warga sekitar lokasi makam pejuang kemerdekaan tersebut.

Zulhilmi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here